Cara Paling Ampuh Membersihkan Kaca Sesuai Jenisnya

Kaca, ya salah satu aksesoris yang biasa ditemui dirumah ini biasanya juga salah satu yang paling dihindari ketika bersih-bersih. Meski belum tentu benar, membersihkan kaca memang banyak menyita waktu dan pastinya juga melelahkan, jadi sangat wajar jika banyak orang yang menghindarinya. Ditambah lagi jika ada anak-anak beserta binatang peliharaan di rumah.

Dalam hal membersihkan kaca, salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah, kesulitan menjangkau sudut tertentu pada kaca. Apalagi jika Anda tinggal di lantai teratas sebuah kompleks apartemen, Anda mungkin merasa menjadi seorang pahlawan super saat membersihkan kaca. Mungkin karena Anda memerlukan alat bantu, asisten, atau lengan yang sangat panjang untuk melakukannya.

Katakanlah Anda bersedia main akrobat demi membersihkan kaca, penting untuk menimbang bahan pembersih apa yang akan digunakan. Beberapa orang mungkin menggunakan metode tradisional dari ibu mereka seperti membersihkan kaca menggunakan koran atau cuka. Dan beberapa orang lainnya mungkin memilih bergonta-ganti bahan pembersih kimia agar tahu mana yang paling ampuh.

Jendela standar

Seperti terlihat pada gambar, jendela kaca jenis dengan ketinggian strandart adalah jenis jendela yang paling mudah dibersihkan. Dengan peralatan standartpun seperti ember, spons, dan sabun pencuci piring biasa Anda sudah bisa membersihkannya jendela kaaca Anda. Selain itu T-shirt atau kain seprei yang sudah usang juga bisa digunakan untuk media pembersih kaca.

Bila Anda kurang menyukai bahan pembersih kimia atau memiliki kepedulian pada lingkungan yang cukup tinggi, bisa juga menggunakan larutan pembersih alami seperti berikut ini :

Bahan :

  • 2 sendok teh cuka
  • 3 liter air

Cara membuat dan cara pemakaian :

Larutkan kedua bahan diatas, lalu bersihkan jendela kaca dengan larutan ini.

Sepintas cara seperti ini memang kelihatannya kurang meyakinkan bila Anda belum pernah mencobanya. Tetapi setelah melihat hasilnya, Anda pasti akan takjub melihat jendela kaca yang telah bersih sempurna.

Untuk bahan alternativ lainnya Anda juga bisa menggunakan larutan jeruk lemon dan air mineral dengan takaran yang sama.

Jendela atap (skylight)

 

Coba perhatikan ruang makan pada gambar diatas, tampak manis dengan cahaya alami yang menerangi dari jendela atap (skylight) nan stylish bukan? Namun ketika tiba saatnya untuk membersihkan, Anda akan merasa bahwa detil stylish ini bisa menjadi sumber masalah bagi Anda. Kotoran, debu dan bekas tetesan air hujan yang telah mengering membuat jendela atap tampak kusam.

Untuk membersihkan jendela atap seperti ini, saran terbaik kami adalah jangan mencoba membersihkannya sendiri terlebih bila Anda tidak memiliki pengalaman membersihkannya sebelumnya. Mintalah bantuan yang memang ahli dalam hal membersihkan jendela kaca di tempat yang sulit dijangkau. Perlu Anda ingat bahwa jendela atap sebaiknya harus lebih sering dibersihkan daripada jendela biasa. Terlebih jika Anda ingin ruangan di bawah jendela atap lebih terang oleh sinar matahari.

Pintu geser dan pintu lipat kaca

Pintu geser dan pintu lipat kaca
Pintu lipat kaca, Pintu geser kaca atau jendela kaca sebelah-menyebelah adalah solusi terbaik untuk menghilangkan penghalang antara interior dan eksterior. Dengan memasang pintu model seperti ini juga dapat mengundang lebih banyak cahaya.
Untuk membersihkan kaca jenis ini baiknya gunakan juga spons berukuran besar agar tugas membersihkan kaca lebih cepat selesai. Entah itu menggunakan bahan alami ataupun bahan kimia.

Bilik shower

Bilik shower

Area shower di dalam kamar mandi memang biasa akan tampak lebih gaya jika menggunakan bahan kaca sebagai penyekatnya daripada jika menggunakan tirai plastik. Namun Masalahnya, sekat atau bilik kaca bisa bernoda seperti noda kapur ketika terkena percikan air yang mengandung sabun atau shampo secara terus menerus. Meski sekat atau bilik kaca biasanya tidak terlalu lebar, idealnya sekat tersebut harus tetap dibersihkan setiap satu minggu sekali agar kebersihannya tetap terjaga.

Akan lebih mudah lagi bila Anda menyiapkan secarik kain atau spons di rak kamar mandi untuk menyeka sekat atau bilik kaca setiap kali selesai mandi. Dengan begitu Anda bisa melakukannya tanpa menggunakan bahan pembersih apapun.

Dengan melakukan hal yang demikian, pembersihan sekat kaca secara menyeluruh bisa dilakukan seminggu atau bahkan sebulan sekali. Hindari juga penggunaan bahan pembersih kimia beraroma tajam, karena bahan seperti ini bisa menyesakkan pernafasan bila digunakan di kamar mandi kecil, yang paling utama adalah bahan pembersih dengan pH kurang dari 4 atau lebih tinggi dari 12.

Tangga dan susuran tangga

Tangga dan susuran tangga

Tangga kaca memang jarang digunakan dan juga ditemui. Meski demikian, untuk membersihkan anak tangga kaca dan susuran tangga kaca tidaklah terlalu sulit. Susuran kaca bisa dibersihkan dengan cara yang sama untuk membersihkan pintu lipat atau pintu geser kaca. Dan untuk anak tangga bisa dibersihkan dengan kemoceng atau lap basah, Anda juga bisa membersihkannya dengan vacum cleaner sesekali. Jangan lupa juga untuk mengeringkan anak tangga yang basah agar orang yang lalu lalang di atasnya tidak terpeleset.

Meja kaca

Meja kaca

Kaca transparan ataupun kaca berwarna adalah jenis material yang paling banyak digunakan untuk permukaan meja kaca atau meja kopi. Akan tetapi ada sedikit masalah jika kita menggunakan meja kaca untuk menaruh atau menyajikan kopi. Ketika gelas kopi atau teh Anda sedikit basah, bekas lingkaran yang tertinggal pada meja kaca bisa menjadi noda yang membandel bila tidak segera dibersihkan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, untuk membersihkannya Anda tinggal menyemprotkan segera cairan pembersih kaca untuk noda basah yang berminyak.

Cermin

cermin

Untuk membersihkan cermin secara teknis memang hampir sama dengan membersihkan permukaan kaca. Bahan seperti kain mikrofiber bisa Anda gunakan untk membersihkan kaca jenis ini jika Anda ingin memperoleh hasil terbaik.

Baca juga : Tips Menata Ruangan Sempit Agar Tampak Berbeda

Sebab, membersihkan cermin dengan lap dari bahan biasa biasanya bisa menyita lebih banyak waktu. Jadi, jika Anda ingin membersihkan kaca menggunakan lap dari bahan biasa, cara efektif lainnya adalah dengan menggunakan kain katun yang sedikit disemprot alkohol. Kombinasi alkohol dan air juga dapat membuat permukaan cermin lebih bersih dan mengkilap.

Source link

Related Search

Tags: membersihkan kaca aquarium membersihkan kaca buram membersihkan kaca helm membersihkan kaca hp membersihkan kaca lampu mobil membersihkan kaca mobil membersihkan kaca mobil berjamur membersihkan kaca mobil dari jamur membersihkan kacamata

Anggabaya Irawan
Saya Anggabaya Irawan, saya pekerja paruh waktu di situs homeideal.info. Salam kenal ^_^

Related Post "Cara Paling Ampuh Membersihkan Kaca Sesuai Jenisnya"

5 Tips Memilih Rumah Sederhana Minimalis
Memilih model rumah sederhana minimalis memang terkadang
8 Tips Menata Dekorasi Kamar Tidur Supaya Kamarmu Lebih Hidup
Bagi sebagian orang, kamar tidur merupakan salah
5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Idaman
Penampilan dari sebuah rumah secara keseluruhan bisa

Comments are closed.